• Pusat Layanan: +62 21 849 946 70

16 Oct

Seribu Lebih Jamaah Kaum Ibu Hadiri Peresmian Majelis Taklim Al Qolam


Teriknya matahari tidak menyurutkan langkah jamaah kaum ibu untuk memadati Masjid Al Qolam pada hari Kamis (11/10). Siang itu, berlangsung acara peresmian Majelis Taklim Al Qolam yang menghadirkan Ustadzah Dedeh Rosidah—yang kita kenal dengan Mamah Dedeh—dan Ustadzah Nani Handayani. Lebih dari seribu orang jamaah majelis taklim dan warga sekitar memadati masjid. Di antaranya bahkan hadir sejak pukul sebelas. Grup qosidah Nurul Ikhlas pun menyemarakkan suasana sembari menanti datangnya waktu untuk shalat Zhuhur berjamaah.

Setelah melaksanakan shalat Zhuhur berjamaah, acara dibuka dan diperdengarkan hafalan Al Quran, yaitu surat At-Tahrim, yang dibawakan oleh ananda Raissa Amira (kelas 6 SDIT Iqro’) dan ananda Fadhilatul Akbar (kelas 7 SMPIT Iqro’). Acara dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari Ketua Yayasan Iqro, Ustadz Izzudin Abdul Madjid, serta sambutan dari Wakil Ketua DPRD tingkat II Kota Bekasi, Bapak H. Heri Koswara, MA.

Setelah sambutan-sambutan tersebut, dilaksanakan peresmian Majelis Taklim Al Qolam oleh Ketua Yayasan Iqro’. Adapun pengurus majelis taklim yang dilantik adalah sebagai berikut,

Ketua: Ibu Eviyanti
Wakil: Ibu Rita Juniarty
Sekretaris: Ibu Mart Siska Anggraeni
Bendahara: Ibu Nur Silaksmi
Humas: Ibu Kingkin Yuningsih
PJ Kegiatan: Ibu Triyekti Kusumaningsih & Ibu Yusmieti

Waktu semakin siang dan jamaah masih terus berdatangan, sehingga tidak saja memadati ruang masjid di lantai 1, tetapi juga aula di lantai 2, teras, bahkan sebagian memilih di bawah tenda atau di bawah pohon untuk berteduh.

Ketua Majelis Taklim Al Qolam, Ibu Eviyanti, kemudian memaparkan program-program MT Al Qolam ke depan, seperti: Kajian Bulanan (hari sabtu, setiap pekan ke-1), Kajian Akbar (setiap dua bulan), program pembelajaran Al-Quran gratis, dan lain sebagainya.

Sekitar pukul 13:25, Mamah Dedeh dan Ustadzah Nani memasuki ruang masjid yang disambut para jamaah dengan antusias. Jamaah yang duduk di shaff belakang berdiri karena ingin melihat lebih jelas dan yang berada di luar ruang masjid, harus puas hanya dengan mengintip dari balik jendela. Semua rela berdesak-desakan.

Ustadzah Nani yang lebih dulu menyampaikan taushiyah, mengingatkan para jamaah akan pentingnya menjaga keluarga agar tidak terjerumus kepada kemaksiatan, yang akan mendatangkan kemurkaan Allah. Ustadzah Nani juga mengajak para jamaah untuk banyak bersedekah, khususnya untuk pembangunan masjid. Sementara Mamah Dedeh, dengan gayanya yang khas, menjelaskan tentang tahun baru Islam dan hijrah. Mamah Dedeh mengangkat berbagai hal keseharian yang perlu diperbaiki dalam rangka hijrah. Penjelasan Mamah Dedeh kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab.

Acara ini ditutup dengan pembacaan doa dan pembagian doorprize, kemudian dilaksanakan shalat Ashar berjamaah. Jamaah meninggalkan lokasi acara dengan tertib, bahkan tidak lupa untuk mampir ke stand bazar di sisi timur Masjid Al Qolam. Cuaca masih cukup panas, namun yang tampak adalah wajah-wajah sumringah. Alhamdulillah.

Leave a Comment

error: Konten di Proteksi!!