• Pusat Layanan: +62 21 849 946 70

10 Oct

[Kamus Cantik] Personal Hygiene


Di Ahad pagi (7/10) yang cerah, pengurus Remaja Masjid Al Qolam (RES-Q) telah berkumpul sejak pukul 6:30 untuk mempersiapkan acara KAMUS CANTIK perdana. KAMUS CANTIK—Kajian Muslimah Cantik—perdana ini mengangkat judul Personal Hygiene yang membahas tentang kebersihan diri, khususnya untuk remaja muslimah.

Acara ini dimulai dengan tilawah Al-Quran oleh salah satu pengurus RES-Q, Aisyah. Kemudian Salma Shofwatunnisa sebagai MC menyampaikan pembukaan acara dengan ceria, sehingga peserta yang berjumlah lebih dari 50 orang menjadi semakin bersemangat untuk menyimak materi.

Kajian yang dimoderatori oleh Syaima Karimah—seorang perawat—ini membahas tentang kebersihan diri yang ditinjau dari sisi syar’i dan dari sisi kedokteran. Sisi syar’i disampaikan oleh Kak Uswah Hasanah, seorang hafizhah yang tengah menyelesaikan studinya di LIPIA Jakarta. Kak Uswah membawakan bahasan ini dengan sangat menarik; melalui ayat-ayat Al-Quran dan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Peserta seringkali dibuat tersenyum karena meski materinya terbilang berat, bahasan thaharah ini dibawakan dengan mengangkat kisah dan contoh yang ringan dan dekat dengan keseharian. Misalnya, Kak Uswah menceritakan bahwa Rasulullah sangat menjaga kebersihan diri. Salah satu yang dicontohkan Rasulullah adalah mencukur bulu ketiak dan hal tersebut membuat bagian ketiak beliau sangat bersih dan bercahaya karenanya. Dan tentu saja, muslimah yang meneladani Rasulullah, harus sungguh-sungguh menjaga kebersihan pribadi.

Selain dari sisi syar’i, bahasan ini juga dikupas secara medis oleh dr. Sara Fadhila. Ibu satu orang anak ini memaparkan urgensi dan cara menjaga kesehatan area pribadi serta akibat yang akan didapatkan jika lalai tidak menjaganya. Beliau mengingatkan bahwa kosmetik lebih utama untuk dipakai kaum wanita adalah yang mempunyai efek menjaga, seperti sunscreen yang memiliki kandungan SPF sehingga melindungi kulit wajah dari sinar UV. Jangan hanya memperhatikan kecerahan atau putihnya warna kulit, karena justru kulit gelap memiliki kelebihan dalam perlindungan diri.

Menjelang akhir acara, dilakukan sesi tanya-jawab dan pembagian doorprize kepada para peserta yang spesial kehadirannya. Salah satunya adalah peserta yang mendaftarkan 8 orang temannya untuk mengikuti kajian. Setelah penutupan acara, panitia mempersilakan para peserta untuk menikmati sajian istimewa—es krim dan kopi susu atis yang segar, persembahan dari Cafe Djogan.

Selain sajian es krim gratis, panitia juga menyiapkan kejutan lain bagi peserta yang mendaftar secara online, yaitu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program giveaway berupa 3 tiket masuk gratis ke Jungleland Sentul. Bagaimana caranya? Cukup berfoto bersama sebanyak 3 orang dan follow akun instagram @resq_iqro. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada hari Ahad, tanggal 14 Oktober 2018. Dan untuk yang belum sempat hadir di Kamus Cantik di bulan Oktober ini, tidak perlu khawatir. Kamus Cantik akan dilaksanakan rutin setiap bulan. Tunggu kami di bulan November ya!

Leave a Comment

error: Konten di Proteksi!!