• Pusat Layanan: +62 21 849 946 70

31 May

Sahabat, sudah tentu kita ketahui keutamaan membaca Quran. Terutama di bulan suci Ramadhan. Pahalanya tentu berkali-kali lipat daripada bulan-bulan biasanya. Nah, saya ingin men-share pengalaman pribadi saya dan pengalaman teman-teman saya dalam mengkhatamkan Quran dalam satu bulan bahkan berkali-kali dalam sebulan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak silahkan bergabung dengan komunitas ODOJ, One Day One Juz dionedayonejuz.org

Baik, berikut penjelasannya. Pertama, perlu kita ketahui bahwa 1 juz itu jumlahnya ada 9 sampai 10 lembar. Kalau dibagi menjadi 5 bagian, artinya ada 2 lembar. Triknya adalah kita membacanya ketika sebelum dan sesudah sholat 1 lembar. Ya, hanya 1 lembar. Mudah kan? Atau kalau kondisinya tidak memungkinkan, bisa 2 lembar sebelum, atau 2 lembar sesudahnya, atau terserah di mana saja waktu yang sempat  yang penting kita bisa membacanya 10 lembar dalam satu hari. Sehingga dalam 1 bulan (30 hari) dapat terselesaikan 30 juz. Sekali khatam dalam sebulan.

Lain ceritanya jika ingin mengkhatamkan berkali-kali dalam 1 bulan. 2 kali, 3 kali, 4 kali, atau bahkan lebih dari itu, tentu harus membaca lebih banyak lagi halaman dalam 1 hari.

Singkatnya jika ingin khatam 1 kali dalam sebulan, harus menyelesaikan 1 juz sehari. Kalau 2 kali khatam, ya 2 juz sehari. Kalau 3 kali khatam, berarti 3 juz sehari. Dan begitu seterusnya.

Untuk mudahnya silahkan tengok tabel di bawah ini:

tulah tabel yang secara logika bisa tercapai sampai 6x khatam quran dalam sebulan. Tapi pada prakteknya, harus diakui butuh konsistensi dan militansi yang tinggi untuk mencapainya. Butuh semangat yang nafas panjang untuk meraihnya. Perlu  sahabat-sahabat yang mendorong kuat untuk menyelesaikannya.

Yuk, semangat membaca Quran, Sahabat.

Semoga bermanfaat.

Sumber

Leave a Comment